Saturday, October 1, 2016

Tips Agar Anak Suka Membaca

Dulu, Sebelum anak saya bisa membaca saya sering membacakan buku cerita sebelum tidur atau di waktu senggangnya, atau kemanapun saat kita pergi baik itu jalan-jalan atau sedang makan diluar saya selalu bawakan dia buku cerita dan buku mewarna beserta pensil warna atau crayon nya. 
Harapan saya waktu itu, saya membiasakan anak-anak untuk selalu bersahabat dengan buku,membiasakan anak-anak untuk selalu melihat buku dimanapun dia berada,dan mengalihkan perhatian nya untuk tidak bermain Tab atau handphone ,karena memang saat ini Tab dan handphone lebih menarik karena banyak aplikasi-aplikasi game nya.

Selain saya membawakan buku kemanapun kami pergi, ada beberapa tips yang saya lakukan agar supaya anak saya suka membaca.

Tips Agar Anak Suka Membaca:

  • Membuat Rak Buku Kecil 
Saya siapkan rak buku khusus dikamar nya untuk dia sendiri, selain itu saya ajak dia untuk mengatur sendiri koleksi buku-buku nya dan mengelompokkan dari mulai buku sekolah, buku LKS, buku-buku cerita sampai buku menggambar serta alat-alat menggambar nya.karena ini akan membuat dia nanti nya displin dan mengatur barang-barang milik pribadi nya.

  • Membaca di depan mereka
Saya meyakini bahwa perilaku anak biasanya dipengaruhi oleh kebiasan orang tuanya. Untuk menumbuhkan membaca sebagai kebiasaan,saya sering memperlihatkan membaca buku atau Alquran di depan anak dan menggunakan waktu luang untuk membaca, walaupun durasi nya tidak lama.
  
  • Tempat Yang Nyaman 
Untuk kegiatan membaca ini memang dibutuhkan tempat yang nyaman,tidak harus mewah yang penting bagaimana si anak nyaman dan bisa betah membaca,saya biasa nya menyiapkan bantal-bantal lantai yang empuk untuk dia, dan saya berusaha menemani dia saat membaca.

  • Menceritakan Kembali  
Setelah anak membaca buku,saya biasanya menanyakan kembali isi buku yang dia baca,dan saya meminta dia untuk menceritakan kembali isi nya sambil berdiskusi.
  
  • Berlibur ke Toko Buku 
Ini kegiatan yang paling seru, saat anak libur sekolah,saya sering mengajak ke Toko Buku sejenis Gramedia, selain tempatnya nyaman dia juga bisa memilih banyak variasi bacaan disana,jadi ke Mall tidak hanya bermain,kuliner dan menemani ibu nya belanja saja. Selain itu saya juga sering mengajak anak saya untuk mendatangi diskon-diskon buku yang ada di pameran,selain mendapatkan harga yang murah, biasanya pameran-pameran itu sering mengadakan acara untuk anak-anak baik itu mewarna atau games-games lucu.

  •  Mengajak ke Perpustakaan Umum (Daerah)  
Selain ke Toko Buku saya juga sering mengajak ke Perpustakaan Daerah,kebetulan Perpustakaan dekat dengan rumah kami. walaupun perpustakaan nya sepi pengunjung, tapi di bagian buku anak-anak,ruangan nya dingin, bersih,petugasnya friendly,dan desain nya seperti di kelas taman kanak-kanak,jadi membuat betah berlama-lama disana, sayang tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan fasilitas ini.
  • Memberi Pengertian Manfaat Membaca
Pada waktu senggang atau ada kesempatan bicara dengan anak,saya berusaha menyelipkan nasehat untuk dia selalu membaca buku,karena dengan membaca dia akan tahu segala ilmu,dan anak yang hobi membaca akan lebih pintar,karena dia tahu lebih dulu dari pada yang lain.

Perpustakaan Daerah  Denpasar

koleksi buku cerita

membiasakan ke toko buku
 
Sejauh ini untuk umur anak saya yang baru 6tahun, tips ini cukup memberikan efek pada anak saya,dan sedikit demi sedikit dia sudah tidak heboh lagi saat ada anak-anak lain memainkan gadget mereka dan dia hanya sibuk dengan menggambar atau baca buku cerita.
kebetulan kami sebagai orang tua memang hobby baca dan suka berburu buku-buku, apalagi buku-buku yang sedang diskon :)

0 comments:

Post a Comment

© Personal Blog of Dina Lusy, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena